Perbedaan Internet Indihome dan Astinet Telkom, Cermati Sebelum Berlangganan

25 komentar

Apa itu indihome dan Astinet?

Perbedaan Indihome dan Astinet Telkom

Indihome dan Astinet merupakan produk unggulan Telkom indonesia yang menyediakan jasa konektivitas internet kecepatan tinggi. Secara mendasar baik Astinet ataupun Indihome memeiliki beberapa kesamaan dari sisi teknologi yang di gunakan. 

Indihome dan Astinet sama-sama menggunakan jaringan fiber optik Telkom yang sudah mencakup hampir ke seluruh wilayah di Indonesia. Dengan teknologi jaringan fiber optik maka bandwidth atau kecepatan internet nya bisa mencapai 1 Gigabit Perdetik.

Namun perlu di ketahui apa perbedaan detail dari kedua produk internet berkecepatan tinggi tersebut guna menyesuaikan dengan kebutuhan penggunaan internet anda.

Adapun Perbedaan internet Indihome dan Astinet Telkom adalah sebagai berikut

1. PRODUK DETAIL

Indihome 
adalah produk High Speed Internet Service (HSI), dengan teknologi Fiber To The home (FTTH), indihome menghadirkan akses internet dengan kecepatan hingga 100mbps di rumah anda.


Astinet 
adalah produk yang setingkat lebih tinggi kualitas layanan nya dari indihome, Astinet termasuk ke dalam kategori layanan komunikasi data, selain itu jika di bandingkan dengan produk serupa dari provider lain, Astinet di kategorikan ke dalam layanan Internet Dedicated Dengan pilihan bandwidth fleksibel mulai dari 1 Mbps.

2. PAKET dan HARGA

Paket Indihome:

Berikut paket yang dapat di pilih untuk berlangganan:

3P , selain koneksi internet berkecepatan tinggi anda juga mendapatkan sambungan telepon dan IPTV, 

2P , untuk paket 2P anda bisa memilih untuk berlangganan internet dengan IPTV atau Internet dengan Telepon. 

1P , khusus layanan internet


untuk lebih detail terkait paket dan harga paket berlangganan terbaru indihome 2020 berikut ini. 

Catatan : Harga dapat berubah sewaktu-waktu.


Paket indihome terbaru 2020

Paket astinet
:

Ada 3 paket utama Astinet yang dapat di pilih sesuai kebutuhan, berikut ini pembahasan nya.

1. Astinet Standart, merupakan layanan akses internet dedicated dengan kecepatan 1 : 1, yang artinya kecepatan Download dan upload yang anda dapatkan adalah sama, misalnya anda berlangganan paket 1 Mbps, maka speed download = 1 mbps dan speed Upload 1 Mbps.  Dengan fitur  5 IP static. 

Jika membutuhkan  penambahan bandwidth anda dapat meminta nya dengan cara menghubungi Account Manager atau Customer enginner.

2. Astinet SME, Sedikit berbeda dengan astinet standart, pembagian bandwidth nya adalah 1:4, yang arti nya untuk 1Mbps bandwith download yang di sewa maka bandwith Upload nya adalah 1/4 dari 1mbps yauitu 250Kbps. 

Fitur lain nya yaitu 1 IP static yang tidak bisa di tambah prefik nya. jika membutuhkan penambahan bandwidth anda dapat meminta nya dengan cara menghubungi Account Manager atau Customer enginner.

3. Astinet beda bandwidth, adalah layanan yang di khususkan untuk akses internet berkecepatan tinggi ke dalam dan luar negri. Yang di maksud beda bandwidth adalah kecepatan  internet global dan domestic dan dapat di sesuaikan dengan kebutuhan sesuai ratio ny 1:10 dapat di pilih sesuai kebutuhan. Misal 10 mbps global : 1 mbps domestic (symetric) atau kebalikan nya.

Berikut daftar Hagra berlangganan Astinet.
Catatan : Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Daftar harga Astinet standart dan SME
Daftar harga Astinet beda bandwidth

3. SETTING KONEKSI


Modem ONT indihome dan Astinet
Indihome 
Tidak perlu setting atau perangkat tambahan apapun untuk di gunakan, cukup instalasi standart. Petugas Indihome akan memasang modem wifi di lokasi yang anda inginkan, modem akan di konfigurasi oleh petugas dan wifi akan di aktifkan, password akan di berikan kepada anda saat installasi selesai. 

Jika ingin menggunakan jaringan lokal, anda dapat menggunakan kabel LAN atau UTP-Cable yang bisa langsung di colokan dari modem ke laptop anda tanpa setting dan alat tambahan .


Astinet 
memerlukan setting dan perangkat tambahan sebelum dapat di gunakan, petugas Telkom akan menginstall modem sampai ke dalam ruangan yang anda inginkan, kemudian anda akan di berikan informasi data teknis berupa Alamat IP static & DNS, Nomor Service ID dan port modem yang di gunakan.

Perlu di ketahui bahwa Astinet tidak memiliki fitur wifi langangsung di modem. Untuk itu anda perlu menyiapkan perangkat jaringan tambahan. IP astinet static perlu di konfigurasi sebagai gateway ke Internet dan di tanam pada perangkat tambahan (router wifi, acces point wifi, dll).

4. KEANDALAN

Indihome 
sudah cukup mumpuni dari yang terkecil dengan kecepatan akses internet dan bandwidth 10Mbps. Namun perlu di perhatikan bahwa yang di maksud dengan dengan bandwidth 10Mbps pada indihome adalah kecepatan Up-To, yang artinya kecepatan maksimal  tidak di jamin selalu sampai pada 10Mbps. 

Untuk mengetes berapa kecepatan maksimal yang anda sewa silahkan gunakan aplikasi chek bandwith online di Sini.

Untuk mengetes real bandwidth yang di dapatkan pada device anda, lebih di sarankan menggunakan aplikasi monitoring bandwitdh NetPerSec.

Astinet 
sudah sangat andal dengan kecepatan yang di jamin sesuai dengan paket yang kita beli, artinya jika kita berlangganan Astinet Standart 10Mbps maka kecepatan yang diapatkan adalah 10Mbps untuk download dan 10Mbps untuk upload.

Untuk mengetes maximum bandwidth Astinet silahkan simak cara lengkap di artikel berikut ini Cara Bypass Astinet Telkom

Jika setelah di install anda mendapati maximum bandwidth yang di dapat kurang dari paket berlangganan yang anda sewa, wajib untuk komplain dan mendapatkan hak sesuai dengan paket yang anda beli. Customer Service Engineer dan Account manager akan membantu anda menyelesaikan masalah kecepatan atau bandwidth yang tidak sesuai.

5. KECEPATAN

Indihome 
Ada sistem Fair Usage policy (FUP), setiap bulan ada batasan kecepatan maksimum untuk setiap pelanggan Indihome, sistem ini sama hal nya dengan kuota pada konektivitas seluler. 

Tapi Tenang saja apabila FUP anda telah melampaui batas, koneksi internet anda tidak akan terputus dan hanya speed saja yang akan sedikit menurun antara 10 - 40 %, Setiap paket memiliki FUP yang berbeda. 

Lebih lengkap nya Chek : Trik Meningkatkan Kecepatan dan kestabilan jaringan Internet Indihome

Astinet 
Tidak ada sistim FUP, artinya anda bebas menggunakan akses internet untuk berapapun data yang ingin anda gunakan, selama masa kontrak masih berjalan, kecepatan atau bandwidth di jamin tetap stabil sesuai dengan paket yang anda pilih.

Perlu di ingat layanan astinet adalah berbasis kontrak minimal 1 tahun, dengan metode pembayaran dapat di pilih perbulan atau pertahun (one time charge), jadi silahkan pilih metode pembayaran sesuai kebutuhan anda. 

Jika butuh penawaran silahkan hubungi nomor yang tertera pada gambar artikel paling atas atau melalui Kolom komentar di bawah.

6. Internet Protokol (IP)

Indihome 
Menggunakan Pengalamatan IP dinamic atau DHCP, yang arti nya Alamat IP yang di gunakan sewaktu-waktu bisa berubah, namun hal ini tidak akan mengganggu aktivitas internet anda. jika IP berubah koneksi internet akan tetap berjalan, jika anda membutuhkan IP yang tidak berubah-ubah (IP Static), maka lebih di sarankan Untuk memilih Astinet.

Astinet 
Mengunakan IP Static atau IP Public, IP yang tidak dapat di ubah sewaktu-waktu kecuali atas permintaan pelanggan sendiri. Adapun kelebihan IP static ini di banding IP dinamic pada layanan Indihome adalah fungsionalistas nya untuk komunikasi data. 

IP static dapat di tanamkan pada perangkat Komputer server, Router dan Acces Point sebagai alamat layer 3 untuk terhubung ke internet , atau sekedar  untuk koneksi internet yang lebih baik bagi yang membutuhkan nya. IP static layanan Astinet Telkom adalah sebagai berikut :

Astinet Standart : /29 = 5 prefik IP

Astinet SME : /30 = 1 Prefik IP

Astinet Beda Bandwidth : /29 = 5 x 2 prefik IP


7.Support dan Maintenance

Indihome
Anda bisa langsung melaporkan gangguan dengan aplikasi My Indihome atau menghubungi customer service via sosial media Telkom Care dan telepon langsung call center ke  175 atau 1500 250, kemudian anda akan mendapatkan  nomor ticket gangguan yang akan di chek oleh petugas Telkom. Secara proaktif anda akan di hubungi terkait perbaikan layanan.

Astinet 
Memiliki  Support  dan Quality Of service (QoS)  yang sangat tinggi, Qos astinet bisa mancapai 98% tergantung SLA (service level agreement) ketika deal kontrak.

Untuk menyesuaikan level service dengan QoS yang tinggi, setiap gangguan Astinet setingkat lebih di prioritaskan di banding dengan gangguan Internet Indihome. Anda dapat langung menghubungi Customer engineer atau Account manager, agar dapat pelayanan yang lebih jika mengalami trouble atau langsung menghubungi call center dan social media Telkom care 7x24. 

Artinya akan selalu ada support gangguan yang menangani masalah konektivitas walaupun dini hari atau hari libur terjadi gangguan di kantor anda yang membutuhkan akses internet non stop. 

Anda juga di berikan akses untuk  memonitor sendiri traffic koneksi Astinet Menggunakan aplikasi MRTG (Multi Router Traffic Grapher) untuk mengetahui trafik bandwidth user secara real time dan Monitoring 24 jam melalui tools Network Management System.

8. Kesimpulan

Indihome 
Cocok untuk penggunaan bisnis kecil - menengah dan rumahan yang membutuhkan internet unlimited karena kualitas koneksi internet yang bagus dan berbagai pilihan paket yang bisa di sesuaikan dengan kebutuhan.

Astinet 
Sangat layak untuk di gunakan bisnis mid-end sampai kelas enterprise karena keandalan dan kualitas konektivitas data yang tinggi, serta Quality of service tinggi dan di dukung support 7x24 jam, selain itu fitur IP static juga dapat di manfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan konektivitas.

#Telkom #Astinet #Indihome #Highspeedinternet #DHCP #StaticIP #Broadband #FiberOptic


Related Posts

25 komentar

  1. saya tertarik,ada kontak yg bisa sya hubungi untuk mengetahui info lebih lanjut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak, kontak bisa wa ke nomor yang ada di atas postingan ya ☺️

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar kak, maka dari itu kami jelaskan untuk 1 mbps down stream : 250 kbps upstream (untuk astinet SME). sudah di jelaskan di artikel di atas harap di baca yang teliti :)

      Hapus
  3. saya tertarik dengan Astinet, karena Indiehome sering putus. bagaimana bisa cara berlangganannya ? apa ada no wa yang bisa dihubungi? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak, Silahkan Hubungi langsung Ke nomor yang Tertera di atas yah :)

      Hapus
  4. Untuk daerah Timika Papua ada no TLP yang bisa dihubung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh di konsultasikan dulu dengan kita kak, Langsung Hubungi nomor di atas saja ya kak :)

      Hapus
  5. Untuk warnet atau wifi voucheran daerah bali utara bagudan yang mana bung ??

    email : scopbreak@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga dengan menggunakan koneksi Astinet dan menerapkan konsep RT/RW net kak, Ada juga Produk khusus yang cocok untuk berjualan voucher internet seperti Wifi.id kak, silahkan cek artikel ini : https://bit.ly/3qrB6dB :)

      Hapus
  6. Jadi kalau pengguna indihome apakah bisa mendapatkan ip publik yang statis juga mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak, Tidak bisa karena indihome haya support IP random :)

      Hapus
    2. Lalu gimana ya saya perlu ip public utk monitoring cctv dari warga di posko satpam, semula katanya ambil paket gamer 3P namun tetap jg dpt ip local, ditambahkan ip ddns terkadang nyantol dpt ip public terkadang lokal dan repot sekali harus on off modem terus utk dpt ip public, apa ada solusi lain? Krn disuruh ke paket gamer yg dpt public jg ternyata local ip jg. Solusi astinet terlalu mahal kalau utk posko satpam utk kegunaaan monitoring cctv warga via webs aplikasi

      Hapus
    3. coba untuk ip DHCP di cctv diaktifkan pak, untuk koneksi p2p dari cctv ke hp

      Hapus
    4. gampang mas, sewa akun VPN saja, trus pake mikrotik atau router yg mendukung port forwarding, atau bisa sewa cloud utk CCTV tergantung merk CCTVnya

      Hapus
  7. Astinet lombok bisa minta nomor contak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak, Boleh langsung ke nomor di atas via WA ya kak :)

      Hapus
  8. Saya minat dengan astinet
    Damn saya bisa dapatkan no contack yg bisa di hubungi
    Untuk are pekan baru Riau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak, Silahkan Hubungi nomor di atas via WA ya kak :)

      Hapus
  9. ASTINET untuk bekasi Utara/kebalen babelan hubungi kemana om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak, Boleh Silahkan langsung hubungi nomor di atas ya kak :)

      Hapus
  10. Jadi tahu nih, mau buat langganan internet kantor yang stabil. Ternyata Astinet itu dari Telkom juga ya. Bisa sering down juga dong, soal nya Indihome begitu selama ini

    BalasHapus
  11. bos astinet bs pakai untuk rt/rw ya

    BalasHapus
  12. Kebetulan kami sedang berlangganan astinet di salahsatu kantor kami dan biaya berlangganan jauh lebih mahal ketimbang indihome di kantor kami yg lain, sedang kecepatannya cepat indihome dgn paket standar rumahan, dimana kesalahannya sehingga astinet lebih lambat dari indihome, mohon penjelasannya terima kasih.

    BalasHapus

Posting Komentar