Trik Mempercepat Koneksi Akses Internet Indihome

Posting Komentar
Trik Mempercepat dan Menstabilkan Koneksi Internet Indihome
Trik Mempercepat Koneksi Akses Internet Indihome

Kita akan membahas Trik Memepercepat Akses Koneksi Internet Indihome pada kesempatan kali ini. Trik ini akan membantu sobat mendapatkan kecepatan dan stabilitas maksimal internet Indihome di rumah maupun kantor.

Perlu di ketahui trik ini hanya untuk memaksimalkanbukan untuk mendapatkan kecepatan tambahan di atas paket berlangganan indihome sobat ya. Contoh kasus nya : semisal sobat berlangganan Indihome dengan bandwith 10 Mbps namun ketika di gunakan untuk download atau bermain game online di rasa kurang maksimal dan tidak sampai pada bandwith paket berlangganan sobat.

Perlu sobat ketahui juga bahwa kecepatan internet indihome adalah Up-to N, misalnya pada contoh kasus di atas untuk paket langgaan 10 Mbps jika speed yang di dapat adalah 8 - 10 Mbps, hal ini masih bisa di bilang normal, terkadang malah speed yang di dapat bisa lebih dari paket berlangganan kita.

Masih pada kasus yang sama, namun jika speed yang di dapat di bawah 5 Mbps  maka sobat wajib lakukan pengecekan gangguan terlebih dahulu. Untuk Memepercepat Koneksi Akses Internet Indihome simak Trik-trik nya di bawah ini.

Trik Meningkatkan Kecepatan dan kestabilan Koneksi Internet Indihome

1. Jangan Pakai WiFi modem, Pakailah Kabel LAN
Gunakan kable LAN
Ketika sobat menggunakan internet Indihome untuk download atau bermain games Online, lebih disarankan untuk tidak menggunakan jaringan wifi. karena pada saat transfer data, kita membutuhkan koneksi yang stabil dan tidak terputus-putus.

Gunakanlah Kabel LAN tipe Crossover untuk menghubungkan modem indihome langsung dengan laptop atau Komputer sobat. Colokan salah satu port LAN pada modem kemudian colokan di Port PC, secara otomatis akan langsung terkoneksi dengan internet indihome tanpa harus setting koneksi IP.

2. Menggunakan Router WiFi Multi Band
Gunakan Router Tambahan
Jika pengguna internet di rumah atau kantor sobat banyak, lebih disarankan untuk menggunakan router Wifi tambahan. mengapa demikian? Dengan menggunakan Router tambahan maka kecepatan  koneksi ke banyak pengguna akan meningkat. 

Jika bandingkan dengan hanya menggunakan WiFi dari modem bawaan yang merespon request user satu persatu, router WiFi dapat melayani request banyak user secara bersamaan.

3. Migrasi ke Fiber optic
Migrasi ke Fiber Optic
Untuk sobat yang berlangganan indihome paket nya di bawah 5 Mbps dapat di pastikan sobat masih menggunakan koneksi kabel tembaga. dengan migrasikan media trasfer ke Fiber Optic sobat bahkan bisa berlangganan bandwith sampai 100 Mbps.

Hampir seluruh daerah perkotaan dan sub Provinsi di indonesia sudah tercoverage jaringan fiber optic. Bagai mana caranya kita untuk mengetahui di daerah kita apakah sudah tercover jaringan fiber optic atau belum?

Mudah sekali, sobat hanya perlu menghubungi customer service indihome via social media di @telkomsolution atau call center di 1500 250, lalu tanyakan apakah alamat rumah atau kantor sobat sudah tercover jaringan fiber optic.

Jika sobat berminat migrasi ke fiber optic biasanya sobat akan di hubungi oleh sales team untuk konfirmasi kembali data-data berlangganan sobat, lalu hanya perlu menunggu petugas telkom datang untuk mengerjakan migrasi ke Fiber Optic.

4. Mengganti IP (internet protocol) yangsesuai dengan kebutuhan
Tipe koneksi internet indihome adalah dynamic IP yang artinya koneksi IP pada perangkat komputer ataupun laptop bisa berubah-ubah dan sifat nya acak, berbeda dengan produk internet telkom lain yang menyediakan IP static yaitu Astinet.

Walaupun demikian sobat pengguna indihome masih bisa mengakali cara untuk mendapatkan IP terbaik sesuai dengan kebutuhan sobat. Bagaimana cara nya? sangat gampang, sobat tinggal me re-start (hidup - Matikan) modem indihome, kurang lebih 1 menit, kemudian lihatlah pada konfigurasi IP di komputer atau laptop sobat dengan cara sebagai berikut:

Untuk ip dengan awalan angka 180.XX.XX.XX adalah yang terbaik untuk bermain games online, karena latency nya relatif lebih kecil, akan sangat berpengaruh pada pengalaman game online sobat.

Untuk Ip dengan awalan angka 125.xx.xx.xx dan 110.xx.xx.xx adalah ip yang sangat optimal untuk download, mengapa demikian? karena Ip tersebut memilki downstream terbaik.

-kilk start.
-buka Comand and Prompt
-ketikan ipconfig > Enter
-lihat pada baris Ipv4 seperti pada contoh gambar di bawah ini.
-Lakukanlah sampai sobat mendapatkan IP yang di inginkan, Usahakan modem tidak ter restart lagi jika sudah dapat IP yang di inginkan
Ilustrasi ipconfig

5. Menggunakan DNS google
Google sebagai salah satu sumber tafic internet terbesar di dunia, tentu nya sobat paham dengan apa yang di maksud di sini bukan? dengan menggukana DNS goggle akan membantu koneksi sobat menjadi lebih cepat dan stabil untuk browsing tentu nya. Sudah banyak orang tahu trik ini tapi tidak ada salah nya kita bahas juga.

cara menggunakan DNS google untuk mempercepat koneksi indihome

-buka konfigurasi ipv4 yang terkoneksi
-inputkan 8.8.8.8 pada prefered DNS
-ipntukan 8.8.4.4 pada Alternate DNS
-klik ok (lihat gambar)
Setting DNS google

Demikianlah artikel kali ini tentang Trik Memepercepat dan Menstabilkan Koneksi Internet Indihome, semoga bermanfaat untuk tema-teman sekalian, terimakasih.

#Telkom #Astinet #Indihome #Highspeedinternet #DHCP #StaticIP #Broadband #FiberOptic

Related Posts

Posting Komentar