Cara Bypass Astinet Telkom Lengkap

1 komentar
Cara Bypass Layanan Astinet Telkom Lengkap
Cara Bypass Layanan Astinet Telkom Lengkap 


Halo sobat,Semoga selalu sehat dan bersemangat menjalani hari. kali ini kita akan share cara bypass layanan Astinet Telkom, pada artikel sebelum nya kita sudah membahas lengkap tentang perbedaan layanan internet Indihome dan Astinet Telkom.

Dari artikel tersebut muncul pertanyaan dari beberapa rekan yang membaca, bagai mana cara mengukur keandalan Astinet pada saat baru di install. keandalan yang di maksud adalah kecepatan + bandwitdh yang di jamin sesuai dengan yang kita sewa.

Selain itu ada juga rekan yang bertanya mengapa layanan astinet di kantor nya sering lambat dan tiba-tiba disconnet. Apa yang perlu di lakukan sebagai pengecekan pertama pada gangguan astinet?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut admin putuskan membuat sebuah artikel lengkap beserta cara yang tepat untuk mengukur keandalan layanan astinet. langsung saja simak pembahasan berikut ini.

Apa  tujuan bypass layanan Astinet?

Dalam case tertentu kita perlu melakukan test bypass terlebih dahulu, berikut ini merupakan tujuan umum bypass layanan Astinet.


1. Test Installasi 
Biasanya pada saat modem Astinet baru di install, teknisi akan memberikan data teknis lengkap, jika data-data tersebut sudah di berikan langsung saja test bypass dengan kabel LAN dan laptop anda. simak cara nya di bawah

2. Saat Terjadi gangguan
Mengapa perlu di lakukan? karna penyebab gangguan tidak selamanya nya berada di sisi Astinet, perangkat tambahan seperti router dan hub pelanggan juga tidak jarang menjadi penyebab gangguan. Maka dari itu pengecekan pertama pada gangguan Astinet adalah melakukan bypass

karena biasanya jika anda ingin melaporkan gangguan ke Customer service, anda akan di minta untuk melakukan test bypass terlebih dahulu sebelum gangguan di eskalasi ke pengecekan lebih lanjut. Begitupun jika gangguan sudah di perbaiki oleh teknisi, untuk memastikan layanan normal kembali wajib di lakukan bypass layanan.

3.Upgrade / downgrade Bandwitdh
Untuk memastikan apakah bandwitdh yang anda upgrade sudah sesuai dengan permintaan, wajib lah di lakukan bypass layanan sebelum dan sesudah di lakukan penambahan.

4.Upgrade IP
Untuk layanan Astinet Standart dan Astinet Beda bandwidht, pelanggan bisa request penambahan jumlah prefik IP, keterangan terkait IP static Astinet sudah di bahas sebleum nya pada artikel ini untuk mengecek apakah IP prefik baru yang telah di tambahkan telah terpasang di lakukan test ping secara manual dan bypass.

Hal-hal yang perlu di perhatikan Sebelum bypass Astinet

Data teknis Astinet : 


-IP Static dan DNS
-Nomor CID (Customer ID)
-Port dan Serial Number Modem


kira-kira format data teknis nya seperti ini:


CID : 1-3130038526 
ASTINET PT E-CORP
bandwidth 10mbps
------------------------------
ipv4 address : 36.91.148.117
Subnet mask : 255.255.255.0
ipv4 gateway: 36.91.148.116
DNS :
 118.98.44.10
 118.98.44.20
-----------------------------
Modem Type : huawei  
Port : 3
Serial Number : 48575443C06D5CE7


Alat-alat :

-kabel LAN (CAT 5 / 6)
-Laptop atau PC

Cara Bypass Astinet dan Penjelasan nya

Contoh berikut menggunakan data teknis seperti di bawah ini:

CID : 1-3986052836
ASTINET PT F-SOCIETY
bandwidth 10mbps
--------------------------- 
ipv4 address : 10.21.22.253
Subnet mask : 255.255.255.0
ipv4 gateway: 10.21.22.254
DNS : 10.2.1.5
-------------------------- 
Modem Type : huawei  
Port: 1
Serial Number : D6C67E43C06D5CE7


1. Pastikan indikator internet hidup berwarna hijau, jika indikator internet berwarna merah / loss, maka ada gangguan fisik di transport layer fiber optic. Untuk masalah ini bisa jadi installasi oleh petugas teknisi belum selesai atau ada gangguan di jalur optik. Langsung saja hubungi Customer service untuk membuat laporan gangguan. Jika indikator internet normal silahkan lanjut step selanjut nya.
Cara Bypass Layanan Astinet Telkom Lengkap
indikator internet
2. Colok kan kabel LAN ke port Modem, lalu sambung kan dengan port LAN pada laptop seperti gambar di bawah ini. 
Cara Bypass Layanan Astinet Telkom Lengkap
Sambungkan Modem dengan laptop
3.klik Start > Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing center > Change Adapter Setting, lalu Pilih Local Area Connection > klik IPv4, kemudian isikan IP adress dan DNS sesuai data teknis seperti pada gambar.

Cara Bypass Layanan Astinet Telkom Lengkap4.  Klik OK, Lalu buka Comand Prompt / Start  >  Comand Prompt. Ketikan kan ipconfig lalu lihat lah alamat ip nya akan sama dengan yang kita setting sebelum nya di LAN setting.
Cara Bypass Layanan Astinet Telkom Lengkap
ipconfig
5. Ping ke ip gateway, tunggu sampai beberapa saat. Perhatikan latency (time=2ms), semakin kecil angka nya makan akan semakin bagus koneksi yang di dapatkan.
Cara Bypass Layanan Astinet Telkom Lengkap
test ping IP public
6. Jika test ping reply dan tidak ada packet loss (loss 0%), Sampai di sini artinya koneksi peer to peer dan test koneksi IP sudah sukses. Silahkan lanjut ke test bandwidth dengan beberapa metode berikut

7. buka speedtest.net via browser, klik Go kemudian tunggulah beberapa saat
ilustrasi test bandwidth

Jika selisih speed nya tidak terpaut jauh artinya bandwith sudah di setting sesuai dengan yang di sewa.



Demikian tutorial Cara Bypass Layanan Astinet Telkom Lengkap, semoga bermanfaat, terimakasih.

#Telkom #Astinet #Indihome #Highspeedinternet #DHCP #StaticIP #Broadband #FiberOptic

Related Posts

1 komentar

Posting Komentar